MENENTUKAN NEGARA TUJUAN UNTUK S2

MENENTUKAN NEGARA TUJUAN UNTUK S2

 “Bagaimana cara menentukan negara yang akan dituju untuk melanjutkan S2?

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan

1. Negara impian yang ingin dituju.

Misal:

Dari kecil bercita-cita ingin menginjakkan kaki di Eropa dan foto di depan Menara Eiffel. Ya sudah, targetkan lah supaya bisa kuliah di Paris, Belanda dan negara eropa lainnya.

2. Negara mana yang terkenal dengan bidang jurusan yang ingin kita pelajari.

Misal:

– Amerika dan Jepang terkenal dengan kecanggihan teknologinya. Jadi, yang ingin belajar IT dan sejenisnya bisa merencanakan ke salah satu dari negara tersebut.

– Finlandia, Inggris, Amerika, Australia terkenal dengan jurusan kependidikannya yang bagus. Anak-anak jurusan pendidikan bisa pilih salah satu dari negara tersebut.

– Jerman terkenal dengan teknologi mesin nya, seperti pesawat terbang. Yang tertarik dan sesuai dengan bidang itu, bisa ambil kuliah di Jerman.

– Turki sekarang sedang jadi salah satu kiblat ekonomi syariah. Anak-anak ekonomi syariah bisa merencanakan study S2 ataupun S3 nya di Turki.

– China sudah jadi raksasa ekonomi dunia. Banyak anak anak Indonesia yang lanjut kesana, selain pemerintah mereka memang juga sediakan banyak skema beasiswa.

– Begitu juga negara lain. Negara di atas hanya sebagian kecil contoh. Ada banyak negara di dunia lagi yang bisa jadi tujuan study lanjutan

3. Pertimbangan lain:

  • Apakah universitas itu menyediakan jurusan yang kita butuhkan
  • Apakah jurusan dari universitas tersebut menyediakan mata kuliah yang kita butuhkan
  • Reputasi jurusan tujuan
  • Reputasi dari universitas tersebut. Jadi walau ranking nya tinggi tapi jurusan/ mata kuliah yg kita butuhkan tidak ada, ya tetap tidak bisa kita pilih universitas itu.

 

Baca juga Keputusan memilih jurusan study Master di Australia

Keputusan memilih jurusan study Master di Australia

Yanri Ramdhano ialah tokoh muda Jambi yang saat ini berperan dipercaya sebagai Staf Ahli Rektor UIN STS Jambi. Selain itu, Yanri Ramdhano ialah Presenter Berita Jambi TV dan Konsultan Pendidikan. Yanri Ramdhano merupakan penerima beasiswa Program Master (S2) dari Pemerintah Australia melalui skema Australia Awards Scholarship (AAS) 2017, lulus dari program Master of Education di Victoria University Melbourne Australia Pada akhir tahun 2019. Di akhir masa study ia menjabat sebagai Presiden Persatuan Pelajar Indonesia Australia Victoria University (PPIA VU) 2018-2019; Tutor di Global English Kampung Inggris, Pare, Kediri – Jawa Timur 2016 s/d 2018; Alumni IVLP OD TESOL Leadership Exchange di Amerika Serikat (Baltimore MD, Washington DC, Sacramento, San Francisco) 2016; Counselor Camp EPIC 2 RELO US Embassy Jakarta tahun 2016 di Kota Bukittinggi; Alumni Camp EPIC 1 RELO US Embassy Jakarta Tahun 2015 di Kota Bandung; Duta Bahasa Provinsi Jambi 2013-2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *