“Tidak ada yang instan. Semua butuh proses”

“Tidak ada yang instan. Semua butuh proses”

Memiliki masa depan yang baik sesuai dengan apa yang kita cita-citakan tentu adalah impian kita semua. Namun, sudahkah kita benar-benar menyadari untuk mencapai itu semua ada perjuangan keras yang harus dilewati, ada kesungguhan dan kebulatan tekad yang harus ditanamkan sejak awal, serta konsistensi dan kegigihan dalam belajar dan berusaha di setiap saat baik itu ketika hidup terasa lapang apalagi dalam keadaan sulit maupun ketika menghadapi kegagalan-kegagalan.

.
Tidak ada yang instan. Semua butuh proses. Pencapaian-pencapaian kita di setiap momennya adalah akumulasi dari persiapan-persiapan kita di waktu-waktu yang lalu baik itu secara sadar maupun tak kita sadari.
.
Beberapa diantara persiapan-persiapan itu adalah komitmen kita untuk mau keluar dari zona nyaman dan terus belajar dari siapapun, dimanapun dan kapanpun. Dengan cara apa? Mulai lah dari sekarang menyibukkan diri dengan hal-hal positif seperti terlibat sebagai anggota dalam organisasi kampus dan di luar kampus, komunitas belajar dan sosial maupun lainnya, dan/atau salah satu institusi untuk bekerja.
.
Gunanya untuk belajar, mengumpulkan pengalaman, bertemu orang baru, memperluas jaringan, membangun keterampilan (soft skills) diantaranya kolaborasi, kerjasama tim, pemecahan masalah, kreatifitas dan banyak lagi lainnya. Sebagian besar keterampilan yang dibutuhkan di masa depan untuk dunia kerja maupun melamar beasiswa tidak kita dapatkan di bangku kuliah. Untuk itu, aktiflah membangun fondasi keberhasilan sedari sekarang sedini mungkin, berkembanglah, bila perlu berdarah-darah dan nikmati proses pendakian hidup itu!

Terima kasih UNITOMO Surabaya atas ruang dan waktu yang diberikan kepada saya. Sangat senang sekali bisa bertemu kawan-kawan mahasiswa yang memiliki semangat tinggi untuk membangun masa depannya.

Reposted from @yanriramdhano

 

 

Yanri Ramdhano ialah tokoh muda Jambi yang saat ini berperan dipercaya sebagai Staf Ahli Rektor UIN STS Jambi. Selain itu, Yanri Ramdhano ialah Presenter Berita Jambi TV dan Konsultan Pendidikan. Yanri Ramdhano merupakan penerima beasiswa Program Master (S2) dari Pemerintah Australia melalui skema Australia Awards Scholarship (AAS) 2017, lulus dari program Master of Education di Victoria University Melbourne Australia Pada akhir tahun 2019. Di akhir masa study ia menjabat sebagai Presiden Persatuan Pelajar Indonesia Australia Victoria University (PPIA VU) 2018-2019; Tutor di Global English Kampung Inggris, Pare, Kediri – Jawa Timur 2016 s/d 2018; Alumni IVLP OD TESOL Leadership Exchange di Amerika Serikat (Baltimore MD, Washington DC, Sacramento, San Francisco) 2016; Counselor Camp EPIC 2 RELO US Embassy Jakarta tahun 2016 di Kota Bukittinggi; Alumni Camp EPIC 1 RELO US Embassy Jakarta Tahun 2015 di Kota Bandung; Duta Bahasa Provinsi Jambi 2013-2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *