*Hubungan Sosial dan Profesional Tanpa Sekat*

*Hubungan Sosial dan Profesional Tanpa Sekat*

Foto diatas adalah segenap keluarga besar PPIA VU dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia pada bulan Agustus lalu. Belum masuk semua.

#Reposted from my Instagram feed @yanriramdhano

Dalam hal hubungan sosial, persahabatan, akademik maupun profesional, pendidikan di luar negeri khususnya dunia barat tidak memberikan pembatas antar level dan civitas akademikanya.

Dalam foto di atas ada banyak mahasiswa PhD (S3) begitu juga Master (S2) apalagi Bachelor (S1). Namun, dalam berinteraksi, tidak ada istilah senior dan junior di antara kami, seperti yang biasa kita temui di institusi pendidikan Indonesia. Disini semua diperlakukan sama dan saling memperlakukan sama tanpa membeda-bedakan. Tentu, kami saling menghormati. Justru karena tingginya rasa saling menghargai itu, kita tidak memberikan ruang untuk membangun gap dan strata sosial.

Oleh karenanya, hubungan antar mahasiswa baik itu S1, S2 dan S3 akan terasa sangat akrab dan hangat. Kita tetap menghormati satu sama lain dengan cara Indonesia dengan panggilan “Buk, Pak, Mbak, Mas, Bang, Kak, Dek, dll”. Namun, tidak ada julukan “senior dan junior” dan tidak pula ada istilah “anak baru harus diospek dulu” dsb.

.
Kepengurusan PPI biasanya akan diisi oleh lintas generasi, angkatan, jurusan dan jenjang pendidikan S1, S2 dan S3. Sama halnya dengan PPIA VU, yang pengurus eksekutif maupun divisi-divisinha nya adalah mahasiswa S1, S2 dan S3.


Dalam posisi seperti ini, akan terbuka ruang untuk saling belajar satu sama lain dan banyak hal-hal positif dan manfaat lainnya.

 

 

Yanri Ramdhano ialah tokoh muda Jambi yang saat ini berperan dipercaya sebagai Staf Ahli Rektor UIN STS Jambi. Selain itu, Yanri Ramdhano ialah Presenter Berita Jambi TV dan Konsultan Pendidikan. Yanri Ramdhano merupakan penerima beasiswa Program Master (S2) dari Pemerintah Australia melalui skema Australia Awards Scholarship (AAS) 2017, lulus dari program Master of Education di Victoria University Melbourne Australia Pada akhir tahun 2019. Di akhir masa study ia menjabat sebagai Presiden Persatuan Pelajar Indonesia Australia Victoria University (PPIA VU) 2018-2019; Tutor di Global English Kampung Inggris, Pare, Kediri – Jawa Timur 2016 s/d 2018; Alumni IVLP OD TESOL Leadership Exchange di Amerika Serikat (Baltimore MD, Washington DC, Sacramento, San Francisco) 2016; Counselor Camp EPIC 2 RELO US Embassy Jakarta tahun 2016 di Kota Bukittinggi; Alumni Camp EPIC 1 RELO US Embassy Jakarta Tahun 2015 di Kota Bandung; Duta Bahasa Provinsi Jambi 2013-2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *