*Hubungan Sosial dan Profesional Tanpa Sekat*

*Hubungan Sosial dan Profesional Tanpa Sekat*

Foto diatas adalah segenap keluarga besar PPIA VU dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia pada bulan Agustus lalu. Belum masuk semua.

#Reposted from my Instagram feed @yanriramdhano

Dalam hal hubungan sosial, persahabatan, akademik maupun profesional, pendidikan di luar negeri khususnya dunia barat tidak memberikan pembatas antar level dan civitas akademikanya.

Dalam foto di atas ada banyak mahasiswa PhD (S3) begitu juga Master (S2) apalagi Bachelor (S1). Namun, dalam berinteraksi, tidak ada istilah senior dan junior di antara kami, seperti yang biasa kita temui di institusi pendidikan Indonesia. Disini semua diperlakukan sama dan saling memperlakukan sama tanpa membeda-bedakan. Tentu, kami saling menghormati. Justru karena tingginya rasa saling menghargai itu, kita tidak memberikan ruang untuk membangun gap dan strata sosial.

Oleh karenanya, hubungan antar mahasiswa baik itu S1, S2 dan S3 akan terasa sangat akrab dan hangat. Kita tetap menghormati satu sama lain dengan cara Indonesia dengan panggilan “Buk, Pak, Mbak, Mas, Bang, Kak, Dek, dll”. Namun, tidak ada julukan “senior dan junior” dan tidak pula ada istilah “anak baru harus diospek dulu” dsb.

.
Kepengurusan PPI biasanya akan diisi oleh lintas generasi, angkatan, jurusan dan jenjang pendidikan S1, S2 dan S3. Sama halnya dengan PPIA VU, yang pengurus eksekutif maupun divisi-divisinha nya adalah mahasiswa S1, S2 dan S3.


Dalam posisi seperti ini, akan terbuka ruang untuk saling belajar satu sama lain dan banyak hal-hal positif dan manfaat lainnya.

 

 

Yanri Ramdhano is an Indonesian educator and a news presenter of Jambi TV. He is also an Awardee of Australia Awards Scholarship, and he is currently studying Master of Education at Victoria University, Melbourne, Australia. He is a teacher in the English Village, Pare - Kediri, East Java, Indonesia; was an alumnus of IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016; a Counsellor of Pre-service English Teacher EPIC Camp 2016 RELO US Embassy Jakarta; a Camper of RELO EPIC Camp 2015 US Embassy Jakarta; an Ambassador of Indonesian Language for Jambi Province 2013-2014; a teacher at MEI English Course Jambi 2012-2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *