Bagaimana kehidupan sebagai mahasiswa Indonesia di Australia???

Bagaimana kehidupan sebagai mahasiswa Indonesia di Australia???

 

#Reposted from my Instagram feed @yanriramdhano

*Kawan-kawan, mulai hari ini ke depannya, saya akan membagikan cerita di luar kehidupan akademik saya selama di Australia. Ini juga sekaligus menjawab rasa penasaran yang selama ini mungkin masih terpendam.*

Australia adalah negara multikultural. Lebih multikultural daripada Indonesia. Kalau di Indonesia kita punya beragam suku dan agama dalam satu ikatan sebangsa setanah air, lain halnya dengan Australia. Negara ini punya beragam suku bangsa ras dan agama yang datang dari seluruh penjuru dunia, termasuk juga Indonesia.

Ada banyak orang Indonesia di Australia dan ada banyak pula kegiatan yang diselenggarakan baik oleh mahasiswa Indonesia maupun warga Indonesia yang sudah menetap atau menjadi warga negara Australia.

Bagi teman-teman yang sering mempertanyakan, ini adalah salah satu kegiatan mahasiswa Indonesia di Victoria University bersama keluarga Indonesia yang sudah menetap di Melbourne. Selain pengajian rutin bulanan, kami juga rutin mengadakan pesta Barbeque (BBQ) di luar ruang. Ini semua atas dasar keinginan untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama orang Indonesia di Australia. Selain itu, tentu acara-acara seperti mengobati kerinduan akan Indonesia.
.
So, jangan ragu lagi. Kehidupan di Australia sangat menyenangkan.

Foto-foto di atas adalah BBQ farewell Pak Lurah Indomelb beberapa waktu lalu bersama Mahasiswa Victoria University. Beliau telah memperoleh gelar PhD dari Victoria University.

Masih dalam tema BBQ di Australia

Di Australia akan mudah bagi kita mengadakan kegiatan outdoor seperti barbeque. Alat BBQnya dapat dengan mudah ditemui di tempat-tempat umum disediakan oleh pemerintah dan masyarakat dari semua kalangan dapat menggunakan tanpa harus minta izin terlebih dahulu.

Selama spotnya kosong belum dipakai yang lain, kita bisa pakai selama yang kita butuhkan. Pemerintah juga menyediakan petugas yang setiap harinya mengontrol keadaan dan membersihkan alatnya.

Selain itu, kesadaran masyarakat disini sangat tinggi dalam menjaga keselamatan properti publik milik bersama.

 

Yanri Ramdhano is an Indonesian educator and a news presenter of Jambi TV. He is also an Awardee of Australia Awards Scholarship, and he is currently studying Master of Education at Victoria University, Melbourne, Australia. He is a teacher in the English Village, Pare - Kediri, East Java, Indonesia; was an alumnus of IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016; a Counsellor of Pre-service English Teacher EPIC Camp 2016 RELO US Embassy Jakarta; a Camper of RELO EPIC Camp 2015 US Embassy Jakarta; an Ambassador of Indonesian Language for Jambi Province 2013-2014; a teacher at MEI English Course Jambi 2012-2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *