Q&A 6: Freshgraduate dan tak aktif organisasi bisakah lulus Beasiswa Luar Negeri?

Q&A 6: Freshgraduate dan tak aktif organisasi bisakah lulus Beasiswa Luar Negeri?

Bagaimana kalau saya ini seorang freshgraduate dan selama kuliah juga tidak aktif di organisasi?

Banyak juga teman-teman saya yg freshgraduate dan lulus di AAS untuk S2. Tentu, mereka pasti mempunyai kelebihan masing-masing sehingga dipertimbangkan dan diterima beasiswa.

Kita semua layak untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk lulus beasiswa. Namun, untuk mendapatkan itu tentu perlu usaha-usaha.

Umumnya penerima beasiswa luar negeri untuk S2 khususnya memang telah terbiasa menyibukkan diri dalam berbagai macam kegiatan baik akademik maupun non-akademik selama kuliah S1.

Keaktifan kita di kegiatan-kegiatan sosial masyarakat maupun organisasi kampus pada dasarnya dapat menjadi sarana untuk membantu membentuk karakter diri kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Bagi saya pribadi, organisasi maupun komunitas bukan satu-satunya tempat saya berproses. Sarana lainnya untuk belajar ialah tempat-tempat saya bekerja mulai dari lembaga kursusan dimana saya mengajar hingga ke stasiun Jambi TV tempat saya pertama kali mengenal dunia jurnalistik dan pertelevisian sebagai seorang presenter berita.

Proses itu kebetulan telah saya mulai sejak di awal saya kuliah S1.

Bagi teman-teman yg belum memulai proses itu sejak di bangku kuliah S1, masih ada waktu untuk memulainya sejak hari ini dan detik ini juga.

Sembari belajar mempersiapkan diri untuk melamar beasiswa, cobalah keluar dari zona nyaman dengan belajar mengasah kemampuan softskills yg mencakup banyak hal yang bermanfaat untuk banyak hal pula di kehidupan kita.

Yanri Ramdhano is an Indonesian educator and a news presenter of Jambi TV. He is also an Awardee of Australia Awards Scholarship, and he is currently studying Master of Education at Victoria University, Melbourne, Australia. He is a teacher in the English Village, Pare - Kediri, East Java, Indonesia; was an alumnus of IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016; a Counsellor of Pre-service English Teacher EPIC Camp 2016 RELO US Embassy Jakarta; a Camper of RELO EPIC Camp 2015 US Embassy Jakarta; an Ambassador of Indonesian Language for Jambi Province 2013-2014; a teacher at MEI English Course Jambi 2012-2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *