Konsistensi Dalam Berjuang

Konsistensi Dalam Berjuang

Dalam memperjuangkan keberhasilan atas suatu keinginan dan cita-cita, diperlukan ketekunan (persistence) dan konsistensi (consistency)

Memohon keteguhan hati

Sedikit mengutip filosofi hidup Barat yang berbunyi:

“Don’t pray for an easy life, pray for the strength to endure the difficult one”.

Kutipan lainnya berbunyi:

“Don’t pray for an easy life. Pray to be the strong person.”

Namun, sebagai makhluk yang ber-Tuhan saya meyakini bahwasanya semua hal boleh kita minta kepada Nya, termasuk juga kemudahan hidup. Jadi, selain berdoa meminta kemudahan jalan, jangan lupa untuk meminta kekuatan serta keistiqomahan berjuang.

Istiqomah atau dikenal dengan konsistensi, menjaganya adalah tantangan terbesar di masa-masa perjuangan kita atas suatu cita-cita. Oleh karena itu, saya meyakini cara ini:

“Beside praying for an easy life, we should also pray for the strength to endure the difficult one.”

Dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’min Ayat 60, Allah berfirman:

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan.”

Bangkit dari kegagalan

Konsisten dalam berjuang juga ditandai dengan kemampuan untuk memulihkan semangat dari kegagalan yang baru saja maupun pernah dihadapi. Bangkit dari kegagalan serta belajar kembali dengan memperbaiki dan akhirnya mencoba lagi untuk memenangkan apa yang kita usahakan ataupun mencoba hal baru lainnya adalah bentuk dari pertanggungjawaban atas diri sendiri (integritas diri) yang harus dijaga.

Ketika sejak awal kita sudah berani bermimpi dan ingin mewujudkan satu harapan, kita harus siap untuk mengambil tindakan dan siap juga menghadapi tantangan-tantangan yang kemungkinan akan datang serta bertekad untuk menyelesaikan proses memperjuangkannya sampai tuntas.

Semoga pesan singkat ini dapat menambah semangat kawan-kawan dalam berjuang!

Yanri Ramdhano is an Indonesian educator and a news presenter of Jambi TV. He is also an Awardee of Australia Awards Scholarship, and he is currently studying Master of Education at Victoria University, Melbourne, Australia. He is a teacher in the English Village, Pare - Kediri, East Java, Indonesia; was an alumnus of IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016; a Counsellor of Pre-service English Teacher EPIC Camp 2016 RELO US Embassy Jakarta; a Camper of RELO EPIC Camp 2015 US Embassy Jakarta; an Ambassador of Indonesian Language for Jambi Province 2013-2014; a teacher at MEI English Course Jambi 2012-2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *