Kampung Inggris, Pare, Kediri

Merencanakan Program Belajar di Kampung Inggris

Sejak pertama kali menjadi pengajar di salah satu kursusan terbesar di Kampung Inggris mulai tahun 2016 lalu, saya sudah terlibat langsung dalam merekomendasikan program bagi para member (siswa) yang baru datang ke Kampung Inggris dan ingin memulai program di Lembaga Kursus tempat saya mengajar. Untuk diketahui, lembaga kursus tempat saya mengajar (Global English, GE) memiliki sistem Placement Test bagi para membernya yang dibuka biasanya selama dua hari sebelum tanggal 10 dan 25 setiap bulannya. Program ini berguna untuk membantu member menentukan arah dan tujuan belajar nya selama beberapa periode ke depan sehingga mencapai hasil belajar yang maksimal dan dapat benar-benar membawa pulang manfaat belajar selama di Kampung Inggris.

Sebelum memilih program, setiap member akan diwajibkan untuk mengikuti Placement Test ini. Ini semacam konseling dimana seorang member baru akan dievaluasi awal apakah itu dari kemampuan berbicara bahasa inggris dasar maupun lainnya seputar pengetahuan umum Bahasa Inggris oleh seorang tutor. Nah, setelah mengetahui performa member tersebut, sang tutor akan memberikan rekomendasi program apa saja yang sebaiknya diambil terlebih dahulu dan program selajutnya oleh si member. Akan tetapi, cukup langka untuk menemukan lembaga kursus yang mempunyai sistem placement test ini.

Baca juga: Kunci sukses belajar di Kampung Inggris

Sebelum menjadi tutor disana, saya sendiri sudah mengalami menjadi seorang member sejak tahun 2011. Saya termasuk orang yang sangat terstruktur dan terencana, sejak awal datang ke Pare saya sudah menentukan arah dan tujuan, dan pengalaman ini juga sangat membantu saya dalam membantu teman-teman memulai perjalanan belajar disana ditambah lagi pada dasarnya saya juga lulusan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Walaupun saya adalah tutor kelas IELTS Preparation, saya akan sangat senang hati bila ada member yang sama sekali belum mengetahui Bahasa Inggris datang dan bertanya pada saya. Karena kesuksesan Anda di masa depan dalam TOEFL dan IELTS sangat ditentukan dari bagaimana Anda membangun fondasi dari level yang sangat basic tersebut.

Anda yang belum memiliki basic Bahasa Inggris akan memulai belajar program yang berbeda dari siswa lain yang mungkin sudah punya basic tapi ingin meningkatkan Bahasa Inggrisnya. Anda yang baru saja ingin mengetahui Bahasa Inggris akan mengambil program kelas yang berbeda dengan member lain yang sudah punya dasar bahasa Inggris dan ingin mempelajari TOEFL dan IETLS.

Walaupun mungkin dari awal niat Anda ingin menguasai TOEFL dan ingin langsung mengambil kelas TOEFL Preparation, bukan berarti Anda akan langsung masuk ke kelas tersebut jika memang berdasarkan hasil placement test ternyata didapati bahwasanya Anda harus memantapkan terlebih dahulu dasar-dasar/ fondasi pengetahuan Bahasa Inggris Anda.

Sebagai seorang pengajar IELTS di Kampung Inggris, saya sangat sering (hampir di setiap awal periode penerimaan member/siswa baru) menemukan kawan-kawan yang baru datang ke Pare dengan semangat yang kuat ingin mendapatkan skor IELTS maupun TOEFL yang diinginkan dan ingin langsung mengambil kelas IELTS/ TOEFL Preparation tapi pada akhirnya saya rekomendasikan untuk mengambil kelas pemantapan awal/ regular terlebih dahulu seperti speaking, pronunciation, vocabulary dll.. Di antara mereka ada juga yang merasa bahwa sudah belajar Bahasa Inggris sejak zaman sekolah dan kuliah, tapi ternyata setelah benar-benar merasakan hari pertama kelas IELTS, akhirnya mereka menyadari dan menyerah, ingin kembali ke kelas dasar terlebih dahulu mendalami basic bahasa Inggris.

Baca juga: Kunci sukses belajar di Kampung Inggris

Hingga saat ini saya masih sering menerima chat whatsapps dan media sosial lainnya, sms ataupun telepon dari kenalan-kenalan baru yang ingin belajar di Kampung Inggris dan mencari tau dari mana sebaiknya mereka memulai program. Nah, di halaman ini saya akan memberikan gambaran bagi Anda yang ingin menguasai bahasa Inggris dan memulai mengambil program kelas di Kampung Inggris di kursusan manapun.

Bila Anda merasa bahwasanya Anda tidak terlalu menguasai bahasa Inggris (minimal mengerti tapi tak bisa berbicara) ditambah lagi memang kehidupan sehari-haripun juga cukup jarang/ jauh dari bahasa Inggris, sebaiknya Anda memulai dari skema belajar ini di bawah. Selain itu, skema ini saya desain berurutan dari jenjang basic hingga advanced. Artinya, bila Anda ingin melanjutkan ke TOEFL maupun IELTS Preparation, anda bisa terus ikuti jadwal rencana di bawah ini hingga periode terakhir. Namun, sebagai tambahan lagi, program yang diambil pun sangat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya ingin sebatas menguasai speaking, Anda bisa saja merencanakan program belajar hingga periode kedua ataupun ketiga saja atau memang memperbanyak porsi program speaking setiap periodenya.

*hitungan satu periode dua minggu.

*kelas tertera di periode 1 s/d 3 biasanya memiliki jadwal extended (extra/tambahan) di sore hari.

* Pada dasarnya pembelajaran Bahasa Inggris yang Anda persiapkan itu tanpa disadari adalah jenjang menuju TOEFL maupun IELTS

*Bila Anda tidak melanjutkan ke TOEFL atau IELTS Preparation, Anda cukup mengikuti jadwal di kolom A saja.

*Bila Anda (sudah punya basic yang cukup) ingin langsung ke kelas IELTS Preparation, silahkan jadwalkan mulai dari kolom B

*Jam kelas menyesuaikan dengan jadwal yang diatur oleh kursusan masing-masing.

2 thoughts on “Merencanakan Program Belajar di Kampung Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s