Kampung Inggris, Pare, Kediri

Kunci sukses belajar di Kampung Inggris

Jika Anda sering mendengar bahwasanya belajar di Kampung Inggris dari nol atau tak mengetahui Bahasa Inggris sama sekali dalam sebulan atau dua bulan, maka Anda akan kembali ke daerah masing-masing sebagai seorang Master atau jago Bahasa Inggris, Anda sebaiknya harus menelaah dan memahami kembali konsep dari belajar apalagi pembelajaran Bahasa. Belajar itu adalah proses seumur hidup. Sebagai seorang tutor saya sendiri sering menyampaikan pada member-member saya di dalam kelas bahwasanya:

“Saya hanya mampu membagi pengetahuan saya di bidang ini yang dibutuhkan oleh kawan-kawan semaksimal mungkin, tetapi saya tidak bisa menjamin kesuksesan kawan-kawan karena keberhasilan itu sangat-sangat bergantung kepada diri kawan-kawan pribadi.”

Bagaimana Anda memanfaatkan waktu belajar di Kampung Inggris ini dan mengelola semua rencana program dengan sangat baik akan sangat menentukan keberhasilah Anda. Selain itu, kemampuan manusia dalam menangkap suatu ilmu itu berbeda-beda, ada yang cepat dan ada yang lambat. Ditambah lagi dengan godaan-godaan program liburan yang murah meriah dan sangat menarik ke beberapa destinasi wisata terdekat hingga terjauh dan kafe-kafe tempat nongkrong yang sangat memberikan kenyamanan. Maka dari itu luruskan kembali niat dan fokuskan pikiran.

Apakah ingin belajar atau liburan?

Baca juga : Merencanakan Program Belajar

Bila di sesi sebelumnya saya sudah menjabarkan bagaimana sebaiknya Anda merencanakan program Anda, maka Anda akan melihat dalam skema yang saya susun bahwa untuk mencapai kelas IELTS/TOEFL Preparation setidak nya dibutuhkan waktu selama tiga bulan. Perhitungan ini adalah perhitungan paling minim, ini tidak termasuk apabila Anda secara pribadi butuh mengulang satu program yang sama di periode berikutnya. Saya setuju bila ada yang bilang dan berpengalaman bahwa mereka mencapai skor IELTS mimimal 6.5 dalam waktu kurang lebih selama enam bulan dan TOEFL 550 dalam waktu tiga bulan. Ya, begitulah sebaiknya. Tapi memang tidak menutup kemungkinkan bahwa Anda bisa saja lebih cepat dari itu atau bahkan lebih lama.

Suasana Belajar Academic Writing (Indoor)

Pertama kali datang ke Pare September-Desember 2011 lalu, ketika cuti kuliah di semester tiga, saya memulai program dari basic hingga TOEFL Scoring selama satu semester atau empat bulan. Nah, sekembalinya saya dari Kampung Inggris saya melanjutkan semester empat dan mulai mengajar Bahasa Inggris di salah satu kursusan di Kota Jambi sejak tahun 2012 hingga akhir kuliah di tahun 2015. Hal ini saya lakukan untuk memantapkan ilmu yang saya miliki dan mengupayakan agar bahasa Inggris saya tetap terjaga atau tidak hilang. Sementara itu, apa saja yang saya lakukan selama empat bulan di Kampung Inggris itu?

Berikut detil jadwal belajar saya selama disana:

Jadwal Belajar Pribadi di Kampung Inggris

One thought on “Kunci sukses belajar di Kampung Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s