Mission District Mural Walking Tour

Mission District Mural Walking Tour

Ini bukan lukisan-lukisan biasa. Setiap gambarnya memiliki cerita dan maksud tersendiri.

Gambar di sepanjang dinding kota ini dilukis oleh para seniman baik yang ada di kota ini maupun dari luar.

Berbagai potret kehidupan diabadikan di dinding-dinding dan pagar semua rumah, di tempat kosong, dimanapun yang bisa digunakan untuk meluapkan isi hati melalui kuas dan cat berwarna.

Ya, kota ini dikenal dengan sebutan Mission District. Disini banyak terdapat potret kehidupan yang disampaikan melalui lukisan oleh para penciptanya. Ratusan rumah telah berwarna-warni yang mewariskan nilai sejarah, sosial dan politik yang terjadi di dunia, maupun di kota ini.

Saya dan teman-teman berkesempatan langsung untuk melihat langsung karya-karya hebat ini juga mendengarkan sejarah dan makna dibaliknya. Bersama Ms. Sarah Nugent, administrator program kami di San Francisco dari Global Ties dan dua orang liasons kami, kami memulai agenda pertama dengan melakukan kurang lebih satu jam  tour mengelilingi kota ini.

Semua karya disini akhirnya menjadi objek wisata budaya dan edukasi bagi semua orang dari berbagai kalangan. Di saat yang bersamaan saya juga banyak melihat anak-anak sekolah yang didampingi oleh guru mereka mengunjungi tempat ini dan mempelajari satu persatu pesan yang disampaikan dari lukisan-lukisan di sepanjang gang itu.

Sebelum memulai walking tour, kami singgah sebentar ke Precita Eyes, disini masing-masing dari kami diberikan selembar map Mission Trail Mural Walk.

Dan disini pulalah momen terindah kami, entah indah atau juga sedih, Ms. Sarah Nugent menyerahkan satu per satu piagam penghargaan IVLP OD TESOL Leadership Exchange yang kami ikuti. Ini tandanya, program ini sebentar lagi akan segera berakhir.

BPRO1482.JPG

Selain  piagam penghargaan, pin IVLP juga disematkan kepada kami. Secara resmi kami telah menjadi alumni dari program ini.

 

Yanri Ramdhano is an Indonesian educator and a news presenter of Jambi TV. He is also an Awardee of Australia Awards Scholarship, and he is currently studying Master of Education at Victoria University, Melbourne, Australia. He is a teacher in the English Village, Pare - Kediri, East Java, Indonesia; was an alumnus of IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016; a Counsellor of Pre-service English Teacher EPIC Camp 2016 RELO US Embassy Jakarta; a Camper of RELO EPIC Camp 2015 US Embassy Jakarta; an Ambassador of Indonesian Language for Jambi Province 2013-2014; a teacher at MEI English Course Jambi 2012-2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *