CAMP EPIC/TESOL/RELO/USA/IVLP

IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016

1. Yanri Ramdhano IVLP.jpg
Penerimaan Piagam Penghargaan IVLP di Mission District Mural

International Visitor Leadership Program (IVLP) ini merupakan program pemerintah Amerika Serikat diperuntukkan bagi masyarakat seluruh dunia. Dalam program ini, para peserta terpilih akan berkesempatan untuk mengunjungi kota-kota di Amerika Serikat untuk belajar secara khusus bidang tertentu (pendidikan, lingkungan, politik, pemerintahan dll) dan secara umum yaitu kebudayaan dan pariwisatanya.

Program ini sangat mewah menurut saya. Kami para utusan dari Indonesia dimanjakan dengan berbagai fasilitas. Semua dibiayai penuh oleh US Embassy. Penerbangan Domestik dari daerah masing-masing ke Jakarta, biaya penginapan di pra-dan pasca- program di Jakarta, pengurusan visa, hotel penginapan selama disana, tiket penerbangan Internasional dari dan kembali ke Indonesia begitu juga dengan uang saku yang akhirnya rata-rata dari kami Alhamdulillah masih berlebih dalam jumlah yang cukup besar ketika kembali ke Indonesia, begitu juga dengan kunjungan ke semua tempat yang dijadwalkan mulai dari institusi maupun objek-objek wisata yang selalu didampingi oleh pihak Department of State.

Banyak teman yang bertanya-tanya pada saya tentang bagaimana caranya ikut program seperti ini.

Pertanyaan yang cukup sulit untuk saya jawab. Berbeda dengan program-program seperti pertukaran pemuda antar negera, summit (internasioanal, asean dan asia) dan lainnya yang diumumkan secara langusng dan terbuka. Setahu saya tidak ada pengumuman khusus yang disebarluaskan ke masyarakat dalam pencarian calon peserta yang akan diberangkatkan. Saya juga sempat bertanya kepada alumni tahun sebelumnya yang kebetulan berasal dari daerah yang sama dengan dengan saya. Biasanya program seperti ini merupakan utusan-utusan tertentu dari departemen di Kedubes Amerika Jakarta. Seperti kami misalnya, saya dan teman-teman sama sekali tidak menduga akan ada kesempatan seperti ini. Tahun lalu kami terpilih dalam seleksi nasional untuk mengikuti Pre-service English teacher EPIC Camp Training dari RELO US Embassy Jakarta di Bandung, dan kemudian kebetulan pada tahun ini bertepatan dengan hari ulang Tahun yang ke 50 TESOL diselenggarakan di Baltimore, Kepala Departemen RELO berinisiatif untuk mengirimkan beberapa orang dari kami Alumni Camp EPIC sebanyak tujuh orang dan lima orang Pengajar Access Microscholarship, tentunya melalui seleksi internal yang sekaligus akan menjadi peserta IVLP itu sendiri. Jadilah kami semua menjadi satu tim baru yang berjumlah dua belas orang. Untuk menyiapkan segala sesuatunya mengenai keberangkatan, orang terpilih ini langsung berkordinasi dengan US Embassy untuk persiapan IVLP, tidak lagi dengan RELO.

Adapun kota (state) tujuan kami di Amerika Serikat ialah Baltimore MD, Washington DC, Sacramento dan San Fransisco.

Lantas apa yang kami lakukan di Amerika Serikat?

IMG-20160408-WA0031.jpg
Foto Bersama Ibu Jennifer (RELO Jakarta) dan delegasi Indonesia  IVLP OD TESOL Leadership Exchange

Kami menghabiskan minggu pertama di Kota Baltimore untuk mengikuti International TESOL Convention yang diadakan selama lima hari. Acara ini setiap harinya dimulai dari jam 8 pagi hingga 6 sore tergantung pada sesi yang tersedia dan ingin peserta ikuti. Nah, di sela-sela kegiatan inilah biasanya kami menyempatkan diri untuk menikmati indahnya suasana kota ini dengan berjalan kaki berkeliling dan mencari spot-spot yang menyenangkan sekaligus mengabadikan momen, berfoto-foto, bersama-sama maupun sendiri-sendiri.

Dalam rangkaian program TESOL Convention itu kami berkesempatan bertemu dengan para pengajar Bahasa Inggis dari seluruh dunia, para ahli pendidikan dan tokoh dunia seperti Andi Curtis (Presiden TESOL), H.D Brown dan Jeremy Harmer juga para keynote speakers terkemuka dan banyak lagi yang lainnya.

Kemudian, memasuki hari ke enam di Kota Baltimore, pagi itu kami dijemput oleh seorang International Liason bernama Mr. Stoyko utusan dari Pemerintah Amerika (Department of State) yang sangat ramah sekali untuk berangkat ke Washington DC. Nah, bersama beliau inilah dan seorang rekannya Ms. Jacq kami mengelilingi Amerika Serikat hingga akhir program. Mereka dengan sabar dan telaten mengantarkan kami ke tempat-tempat tujuan yang telah dijadwalkan.

2. IMG-20160419-WA0022
The White House

Selama di Washington DC kami menginap di Hotel Marriot 22nd Street, setelah check in dan meletakkan barang bawaan di kamar masing-masing, kami diantarkan ke tempat makan makanan halal yang berjarak kurang lebih 7 menit dari hotel dengan berjalan kaki sambil menikmati kota ini. Selama disini kami diundang untuk datang dalam meeting penyambutan oleh World Learning di kantor mereka. Disini kami diberikan satu paket map yang berisi jadwal kegiatan yang akan kami lakukan selama seminggu kedepan, peta kota washington, data-data yang bisa kami pelajari tentang kota ini dan tak lupa yang terakhir surprisingly uang saku lagi yang diberikan dalam bentuk ATM untuk kami masing-masing peserta. Wow, uang saku minggu lalu yang diberikan oleh Pihak US Embassy Jakarta belum habis sudah ditambah lagi disini 😀 Alhamdulillah yaah. Setelah itu, kami diberikan perkuliahan tentang The Overview of The US System of Goverment, its decentralized nature, and the decision making process that flowss from the system oleh Professor Alan Levine dari American University.

Di kota ini kami berkesempatan mengunjungi beberapa objek wisata budaya dan sejarah seperti The White House, The Capitol Building, Washington Monument, Lincoln Memorial, Marthin Luther King Memorial, museum-museum, juga sebagian teman-teman mengunjungi Masjid yang ada di kota itu.

Hari ketiga di Washington DC, kami harus bersiap untuk penerbangan ke Sacramento di California. Penerbangan ini ditempuh dalam waktu 6 jam dengan transit di Salt Lake City. Ya, kami takjub dengan pemandangan melalui udara melintasi pegunungan Rocky. Pegunungan yang berlsalju sepanjang tahun ini selama ini hanya saya baca di Buku Geografi.

Akhirnya minggu terakhir ini kami habiskan di California, Kota Sacramento dan San Fansisco.

Jangan lupa baca lebih lanjut perjalanan saya di postingan berikutnya yaa.

One thought on “IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016

  1. hallo,
    perkenalkan nama saya Ahmad hanafi.. dari Tabalong, kalimatan selatan , saya juga akan d berangkatkan ke Amerika untuk program yang sama.. apakah mungkin saya minta no kontak atau FB atau email..utuk tanya2 tentang persiapan keberangkatan saya yang jatuh di bulan april -mei..saya juga seorang guru bahasa inggris, n akan ikut program yang sama
    maksih atas artikel nya..krn konek internet saya terbatas, moga2 bisa via telpon.
    HP : 085248013045 (WA)
    email : hanafi08borneo@gmail.com
    salam IVLP

    Ahmad hanafi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s