CAMP EPIC/TESOL/RELO/USA/IVLP

IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016 (2) Sacramento, California

Postingan ini melanjutkan cerita postingan sebelumnya IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016

Setibanya di Sacramento setelah enam jam penerbangan dari east coast menuju west coast daratan Amerika Serikat di California, kami dijemput oleh mini bus jemputan yang tenyata memang sudah menunggu sedari tadi. Kami langsung diantarkan ke hotel Hyatt Regency tempat kami menginap. Hotel ini tepat berada di seberang The Capitol Museum of Sacramento. Oleh karena itu, Ms. Jacq berinisiatif untuk mengajak kami mengunjungi Museum itu. Namun, sebelumnya kami harus mengisi tenaga terlebih dahulu. Siang itu kami tidak ada jadwal khusus, Mr. Stoyko mengantarkan kami ke salah satu restauran halal dengan berbagai menu timur tengah yang ternyata tak jauh dari hotel itu dengan berjalan kaki.

Setelah selesai bersantap makan siang, kami melanjutkan rencana dengan pertama sekali mengunjungi The Capitol Museum, ini adalah gedung Kantor Gubernur yang dibuka untuk umum. Banyak sekali hal unik dan menarik disini. Gedung ini sama dengan gedung Capitol lainnya berdesain klasik dan memiliki kubah dan juga masih aktif digunakan oleh para pejabatnya. Jadi ada dua aktifitas sekaligus di satu tempat ini yakni pengunjung yang bisa menikmati dan mempelajari berbagai hal dari tempat ini dan pegawai yang tetap bekerja.

Setelah puas melihat-lihat seluruh isi gedung, akhirnya kami meninggalkan tempat ini dan melanjutkan misi sightseeing ke destinasi berikutnya yaitu Old Sacramento. Kawasan ini berdasain Mexico dan tempo dulu. Kesan pertama memasuki kawasan ini serasa di dalam dunia Cowboy yang biasanya kita tonton di film-film hollywood. Tak lupa, kami berbelanja, karena ternyata disini banyak terdapat gift shops yang menjual cenderamata untuk dibawa pulang ke Indonesia.

Lelah melakukan walking tour di kota ini, akhirnya kami kembali ke hotel dan beristirahat di kamar masing-masing hingga keesokan paginya.

Program khusus kami yang dijadwalkan di kota ini ialah kunjungan pendidikan ke dua tempat, yakni Susan B. Anthony Elementary School Hmong Immersion Program dan University of California Davis atau biasa dikenal dengan sebutan UC Davis.

Di Elementary School ini kami disambut oleh Kepala Sekolahnya dan diajak berkeliling oleh salah seorang guru yang juga wakil kepala sekolah guna melihat-lihat proses pembelajaran di sekolah ini. Ini merupakan Chinese School untuk orang-orang keturunan Cina yang telah menetap dan menjadi warga negara Amerika. Disini para siswanya belajar dua bahasa, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Kemudian, kami melanjutkan perjalanan ke UC Davis dan bertemu dengan beberapa orang Doktor juga Professor yang memberikan perkuliahan Linguistik sekaligus gambaran pendidikan di California.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s