CAMP EPIC/TESOL/RELO/USA/IVLP

Mengurus Permohonan VISA Amerika Serikat

Yanri Ramdhano - Visa Amerika Serikat 1.jpg
Visa J1 Amerika Serikat

Baiklah, kali ini saya ingin bercerita tentang perjalanan singkat saya dalam wawancara Visa tujuan Amerika Serikat di Jakarta. Kenapa saya katakan singkat? Ya, karena urusan administrasi visa ini saya selesaikan dalam beberapa menit saja tepatnya di Bagian Konsuler Kedutaan Besar Amerika, Jl. Medan Merdeka Selatan no. 5, Jakarta Pusat. Kordinator penanggung jawab keberangkatan saya memberikan tiket Pergi-Pulang (PP) dalam sehari dari kota asal saya di Jambi menuju Jakarta pada hari senin lalu, 21 Maret 2016. Tepat pukul 5 pagi saya sudah check in di Bandara Sulthan Thaha Jambi untuk penerbangan pukul 06.00 dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang sekitar Pukul 7.20 pagi itu juga. Saya harus menunggu tujuh orang rekan tim lainnya yang akan berangkat wawancara visa dari daerah yang berbeda-beda. Akhirnya perjalanan kami lanjutkan dengan mengambil taksi dari bandara menuju Gedung yang dituju di Jakarta Pusat. Perjalanan dari Bandara menuju gedung ini daerah sekitar Stasiun Gambir atau Monumen Nasional (Monas) memakan waktu kurang lebih satu jam tanpa macet.

Terlebih dahulu kami harus menemui kordinator perjalanan kami untuk briefing di Gedung Sarana Jaya yang berlokasi kurang lebih 15 menit berjalan kaki dari Bagian Konsuler Kedubes Amerika. Dilanjutkan dengan wawancara yang dimulai pukul 13.00. Kebetulan untuk pengurusan Visa Perjalanan Pertukaran (Exchange) ataupun Pendidikan adalah di bagian loket 9.

Perlu diketahui, sebelumnya pengisian formulir visa dapat dilakukan secara online di rumah atau dimana saja berada melalui link ini: https://ceac.state.gov/genniv/

dan beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kriteria pas foto dapat dilihat di link ini:  http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/fotovisa_id.html .

Sementara itu wawancara visa juga dapat dilaksanakan di dua kota yakni Jakarta dan Surabaya.

Pengisian data visa secara online memakan waktu kurang lebih 20 menit, ada banyak data dan pertanyaan khusus yang harus diisi dan dijawab. Pengisian ini sebaiknya dilakukan dengan teliti dan seksama sehingga data yang diisi benar-benar valid. Sebelum memulai pengisian formulir, ada baiknya  terlebih dahulu mempersiapkandokumen yang diperlukan seperti nomor paspor, nomor KTP, ijazah pendidikan dan pasfoto yang akan diunggah.

Proses wawancara Visa termasuk santai dan singkat. Hanya saja, jika diamati, pengamanan petugas (security) nya saja yang memang super ketat. Di pagar depan kita harus melewati pintu pengamanan detector dan meninggalkan identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk ditukarkan dengan Kartu Tanda Pengunjung yang harus disematkan di baju. Tidak diperkenankan membawa tas, air minum maupun benda berbentuk cairan (liquid), kamera, handphone, gadget, laptop, usb drive dan peralatan lainnya. Semua itu harus ditinggalkan di penitipan pos pengamanan. Yang boleh dibawa ke dalam gedung hanyalah identitas seperti paspor dan formulir yang akan digunakan untuk keperluan wawancara.

Lembar Acceptance, Hukum dan Hak dan Buku Panduan Pemerintahan AS

Dalam tahapan wawancara, beberapa pertanyaan seputar program yang kita ikuti akan keluar. Saya dan teman- teman kemarin mendapatkan pertanyaan yang hampir sama, yaitu tentang bagaimana proses penyeleksian program ini sehingga kami terpilih, apa pekerjaan kami saat ini, berapa lama akan tinggal di Amerika Serikat, dimana akan menginap ketika di Amerika Serikat nanti, Program apa yang akan kami ikuti disana dan sejenisnya. Ini pertanyaan yang cukup mudah dijawab dengan tujuan program kita yang jelas tentunya. Wawancara ini hanya berlangsung maksimal sepuluh menit setiap orangnya. Apabila permohonan visa diterima, maka petugas akan memberikan lembaran kertas berwarna putih bertuliskan Congratulations, your visa has been accepted. Namun, bila kemungkinan ada administrasi yang harus diperpanjang pengurusannya akibat beberapa hal atau dengan kata lain ditolak, maka pemohon akan diberikan kertas berwarna kuning yang berisi beberapa catatan.

Sekitar pukul 14.00 kami semua 8 orang ini sudah selesai wawancara dan langsung kembali menuju ke Gedung Sarana Jaya untuk melakukan meeting bersama Kepala Departemen RELO, US Embassy Jakarta membicarakan perihal persiapan keberangkatan kami ke US nantinya. Meeting inipun berakhir pukul 16.00. Kami harus berpisah, kembali ke bandara saat itu juga untuk melakukan check-in penerbangan ke kota masing-masing.

Yah, perjalanan singkat yang cukup melelahkan karena harus berpacu dalam waktu namun juga pengalaman berharga yang tak terlupakan untuk pembelajaran kehidupan selanjutnya.