Habituasi Membaca

Habituasi Membaca

Today a reader tomorrow a Leader (0)LEBIH DARI sekedar ‘hobi, membaca sesungguhnya merupakan sebuah kebutuhan dan keharusan, Betapa pentingnya ‘kegiatan membaca bagi kehidupan, sehingga ayat yang pertama kali diturunkan oleh Allah S.W.T. dalam sejarah turunnya Al-Qur’an adalah ‘perintah membaca. Dengan membaca; akan mempertebal Iman dan Taqwa kepada Allah, meraih berbagai ilmu, menjadi manusia yang unggul dan maju, memiliki cakrawala berpikir yang luas, memiliki persepsi yang tajam, sehingga dengan mudah memecahkan masalah, dengan izin Allah.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang telah menciptakan” 

Q.S Al-Alaq (96) : 1

Benar sekali secara umum kita mengetahui dan menyadari bahwa dengan banyak membaca terutama dapat meningkatkan pengetahuan dan memori pemahaman. Namun lebih dalam dari itu adalah bahwasanya dengan sering membaca, seseorang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata. Membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir serta kemampuannya baik untuk mendapat dan merespon ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari disiplin ilmu dan aplikasi didalam hidup.

Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia. Dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat, lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat). Membaca adalah sebuah jendela yang membuat seseorang bisa menelaah dan mengetahui segala sesuatu yang dimiliki orang lain dengan cara yang sangat mudah dan simpel.

Read More See More. Dengan banyak membaca akhirnya membuat kita menjadi lebih arif dan bijaksana serta kaya secara spiritual. Mampu memahami alam ciptaan Tuhan secara tersirat dan tersurat. Senantiasa menyadari bahwasanya semakin kita banyak membaca dan belajar semakin kita merasa kurang, semakin memotivasi diri untuk lebih giat dalam belajar dan membentenginya dengan rasa rendah hati.

Yanri Ramdhano is an Indonesian educator and a news presenter of Jambi TV. He is also an Awardee of Australia Awards Scholarship, and he is currently studying Master of Education at Victoria University, Melbourne, Australia. He is a teacher in the English Village, Pare - Kediri, East Java, Indonesia; was an alumnus of IVLP OD TESOL Leadership Exchange USA 2016; a Counsellor of Pre-service English Teacher EPIC Camp 2016 RELO US Embassy Jakarta; a Camper of RELO EPIC Camp 2015 US Embassy Jakarta; an Ambassador of Indonesian Language for Jambi Province 2013-2014; a teacher at MEI English Course Jambi 2012-2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *