Menemukan Titik Balik Kesuksesan

Menemukan Titik Balik Kesuksesan

BPRO0243.JPG
Baltimore, Maryland District – USA

Seorang kenalan di salah satu media sosial menyapa saya dan mengatakan kalau dia terinspirasi dengan foto-foto kegiatan saya selama di luar negeri dan mengatakan kalau dia juga senang bertualang seperti saya, tapi, katanya dia tidak tau caranya. Lalu, dia bertanya bagaimana agar dirinya juga bisa sampai ke USA seperti saya.

Lantas, saya jawab begini:

“Kalau ditanya seperti itu, saya juga tidak bisa menjawabnya, yang saya tahu, bagi saya pribadi: berproses dan mengambil semua kesempatan, apapun itu, sampai perjalanan itu mengarahkan kita kepada impian.”

Lalu, katanya lagi kalau dia terkadang kurang up to date terhadap informasi, dia mengakui bahwa sering tertinggal beberapa langkah. Dia juga beranggapan tidak memiliki relasi dan informasi di bidang itu.

Lantas, saya jawab lagi begini:

“Saya pikir dulu saya juga begitu, punya perasaan yang sama seperti itu. Saya dibesarkan di sebuah kota kecil di Provinsi Jambi yang berjarak sekitar 7 jam perjalanan darat dari Kota Jambi, dalam artian bahwasanya saya ini juga orang desa. Saya juga tidak punya keluarga, link, channel dan sejenisnya di pemerintahan atau dimanapun. Tapi yakinlah, setiap orang memiliki titik balik kehidupannya sendiri. Tugas kita adalah menemukan titik balik itu dengan melakukan apa saja yang terbaik untuk hidup ini dan tidak membatasi usaha. Titik balik apa? Titik balik kesuksesan. Saya tidak memulai keberhasilan lulus program ke luar negeri hanya dengan dari mengejar beasiswa luar negeri saja, tapi saya juga mengikuti program-program lainnya yang bisa mendongkrak track record saya.”

Lantas, program seperti apa itu? Saya berproses dengan berfokus pada peningkatan kualitas diri dengan bekerja sebagai tenaga pengajar di salah satu perusahaan di bidang jasa pendidikan, mengikuti lomba-lomba, pemilihan-pemilihan kepemudaan dan aktif mengabdikan dan mendedikasikan diri untuk negeri dengan menjadi relawan pemberdayaan masyarakat di beberapa komunitas.

Dengan apa yang saya lewati ini, perlahan saya semakin banyak mendapatkan teman dan kenalan khususnya yang juga mempunyai satu impian, kami saling berbagi informasi dan memotivasi, dan Alhamdulillah akhirnya peluang-peluang lulus program ke luar negeri itu terbuka besar.

Yanri Ramdhano ialah tokoh muda Jambi yang saat ini berperan dipercaya sebagai Staf Ahli Rektor UIN STS Jambi. Selain itu, Yanri Ramdhano ialah Presenter Berita Jambi TV dan Konsultan Pendidikan. Yanri Ramdhano merupakan penerima beasiswa Program Master (S2) dari Pemerintah Australia melalui skema Australia Awards Scholarship (AAS) 2017, lulus dari program Master of Education di Victoria University Melbourne Australia Pada akhir tahun 2019. Di akhir masa study ia menjabat sebagai Presiden Persatuan Pelajar Indonesia Australia Victoria University (PPIA VU) 2018-2019; Tutor di Global English Kampung Inggris, Pare, Kediri – Jawa Timur 2016 s/d 2018; Alumni IVLP OD TESOL Leadership Exchange di Amerika Serikat (Baltimore MD, Washington DC, Sacramento, San Francisco) 2016; Counselor Camp EPIC 2 RELO US Embassy Jakarta tahun 2016 di Kota Bukittinggi; Alumni Camp EPIC 1 RELO US Embassy Jakarta Tahun 2015 di Kota Bandung; Duta Bahasa Provinsi Jambi 2013-2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *